Rabu, 23 April 2014

Video Graphics Adapter

     VGA (Video Graphics Adapter) merupakan perangkat hardwere yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor, dengan kata lain seluruh tampilan/gambar yang muncul di layar monitor adalah hasil dari kerja VGA.  merupakan sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis. 

      Video Graphics Adapter ini biasa dinamakan juga dengan video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah VGA sendiri juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

     VGA secara umum dapat dibedakan manjadi 2 yaitu VGA onboard dan VGA eksternal (pakai kartu VGA), tergantung dari setingan modherboard, ada yang hanya bisa VGA onboard (seperti kebanyakan pada laptop, notebook) atau yang bisa VGA onboard dan pakai kartu VGA juga.  Kemampuan sebuah VGA ditentukan oleh chip yang terdapat didalamnya atau yang sering disebut GPU (graphics processing unit) atau otak yang berfungsi mengolah data di VGA. Setiap brand VGA (Ati dan Nvidia) punya tingkatan-tingakatannya sendiri-sendiri, mulai dari kelas value yang kinerjanya paling rendah (untuk office, presentasi, internetan, game-game ringan, dll) mainstreme, performance, dan kelas tertinggi dan harganya termahal enthusiast.  Kapasitas memori sebuah VGA tidak berpengaruh secara langsung terhadap kualitas tampilan grafis, walau jenis-jenis memori yang digunakan dapat mempengaruhi kinerja VGA juga, mis VGA 9500GT dengan type memori DDR 3 lebih baik kinerjanya dari pada VGA 9500GT dengan DDR2 walau typenya sama. Kapasitas memori VGA yang besar lebih banyak berpengaruh pada resolisi maksimal yang bisa di capai.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar