Senin, 05 Mei 2014

MENGOPERASIKAN PERANGKAT LUNAK POWER POINT

 
Kali ini agak sedikit berbeda postingannya kawan, karena harus membahas salah satu topik perkuliahan mata kuliah Multimedia Pembelajaran yang dosen pengampunya berasal dari kota gudeg Yogyakarta, yupz...Pa DR. Irwanto, MT.  Oke kita mulai saja pembahasan materinya.  Judul materinya tentang "Mengoperasikan Perangkat Lunak Power Point", materi ini diberikan pada pertemuan ke 2.  Adapun bahasan dalam materi perkuliahan ini adalah:
1.      Dasar-dasar software presentasi  (Powerpoint)
2.      Instalasi software presentasi (Powerpoint)
3.      Memulai Powerpoint,  Create slide, save, open, save as, insert, edit, delete
4.      Fitur-fitur editing :font, text, alignment, numbering, bullet, table
5.      Fitur lay-out : lay-out judul dan isi dengan berbagai variasi, pemilihan disain warna dan gambar latar belakang
6.      Fitur-fitur isian berulang : header, footer, page numbering,
7.      Lay-out dan isian standar, master slide
8.      Fitur-fitur dasar pencetakan : page setup, printer setup, print preview.
9.      Pencetakan file presentasi : sebagai slide, sebagai hand out
10.  File presentasi dapat dijalankan (slide show)
11.  Navigasi dapat dilakukan dari satu slide ke slide lain



Start saja....bahasan yang pertama tentang Dasar-dasar software presentasi (Powerpoint). Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Microsoft PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office Power Point. Versi terbaru dari PowerPoint adalah Microsoft Office PowerPoint 2013.
Bahasan yang kedua tentang bagaimana instalasi software presentasi (Powerpoint).  Cara untuk instalasi program ini cukup mudah dan hampir sama dengan software lainnya. Untuk penginstalan Microsoft Powerpoint biasanya proses penginstalannya bersamaan dengan aplikasi Microsoft Office lainnya, kawan tinggal masukkan CD drivernya ke dalam CD Room.  Selanjutnya ikuti  instruksi yang diberikan dan kawan tinggal  masukkan serial numbernya ikuti. Instruksi berikutnya dan akhiri dengan finish. Gampang kan.....

Next ke materi yang ketiga tentang bagaimana memulai Powerpoint,  Create slide, save, open, save as, insert, edit, delete.  Biar tambah jelas sayatampilkan langkah-langkahnya berikut:
Klik Start, pilih All Programs, Pilih Microsoft Office,
Klik Microsoft Office Powerpoint


 Gambar diatas menjelaskan bagaimana cara membuka lembar kerja Power Point, selanjutnya di gamar berikut ini menjelaskan bagaimana cara menyimpan (saving) data yang telah kita buat.  caranya klik file terus klik save selanjutnya kita tentukan mau menyimpan filenya dimana.

( kita tentukan mau menyimpan file nya dimana)
Setelah file disimpan, tentu saja suatu saat kita akan membuka filenya kembali, caranya kawan tinggal klik file, lalu open.
Oke...setelah file terbuka maka kita kenalan dengan fitur-fitur apa saja yang ada di power point.   kita mulai dari Home dulu.  Disini kawan bisa melihat banyak pilihan di menu home, diantaranya

Gambar yang dilingkari diatas meruakan icon untuk meng cut atau mengahapus dan tombol paste yaitu untuk menyalin hasil bahan yang dicopy oleh kita. dan disampingnya ada yang bertuliskan New Slide, itu befungsi ketika kita membbeuat sebuah sliede baru dalam file yang sama. berikut gambarnya:
  Selanjutnya masuk ke fitur-fitur editing :font, text, alignment, numbering, bullet, table.
Font berarti huruf, maksudnya kita bisa merubah jenis huruf yang akan kita gunakan, ada banyak jenisnya kawan, mulai dari yang sering kita gunakan seperti Timmes New Roman sampai Wide Latin.
Setelah semua beres, kita tinggal buat power point sesuai yang kita inginkan, berikut contoh tampilannya.
Setelah selsai membuat materinya, tentu kawan akan mempreentasikannya bukan? nah langkah selanjutnya kawan tinngal klik icon slide show dan pilih menunya, dan kalau langkah cepanya kllik icon yang dilingkari di bawah ini atau juga boleh dengan menkan tombol F5 dan jika sudah selesai cara mengembalikannya dengan menekan tombol ESC di pojok atas keyboad kawan... 
Ini tampilan persentasinya...




Untuk lebih legkap, kawan bisa unduh materi persentasinya nih......

Sekian dulu kawan postingan kali ini, semoga bermanfaat :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar